Selasa, 24 Maret 2015

Kunjungan ke Galamedia

Assalamualaikum

Hai :)
Selamat sore dan salam sejahtera.

Hari ini, tepatnya tanggal 24 Maret 2015, saya dengan teman teman saya pergi bersama.
Kita janjian kumpul di Halte Alun alun, tak disangka hujan deras.
Setelah menunggu reda, kita akhirnya ke tujuan utama kita, yaitu.

"Berkunjung ke Galamedia"




Niatnya sih cuma main aja, soalnya sempat bertemu dengan bagian marketing di Galamedia, katanya "kalau sempat main main ke sini." dan inilah waktu yang tepat, ini hari libur sekolah karena kaka kelas 12 sedang ulangan.

Udah usaha ngeyakinin semaksimal mungkin penjaga nya supaya kita bisa lihat proses kerja di galamedia,terus nunggu lama di ruang tunggu, ketemu dulu di kantor kerja dengan bp. Aep, dan akhirnya kami bertiga, saya,Hasya,Devi dan Kasifa akhirnya bisa mengobrol tentang Jurnalistik.

Kita dipersilahkan untuk menempati ruang meeting, dan berbincang bincang tentang Jurnalistik dan Galamedia. Ga nyangka banget, kita bisa ada di situasi kayak gini. Kita disambut sebagai tamu yang berkunjung.

                                       (Saya (hasya) di tengah, Kasifa(kiri) dan Devi(kanan)



Di depan kami berdiri 3 bagian penting di Galamedia.
Ada Bagian Marketing, bagian manajemen dan juga Sirkulasi.

Awalnya kita dipersilahkan untuk bertanya, tentang apa yang kita belum tau.
Aduh, jelas disitu kita yang ga tau bakal kayak gini, jadi kita ga prepare bahan apapun untuk diajak berdiskusi. Dengan yang ada di otak seadanya, saya mencoba bertanya tanya seputar Jurnalistik dan tentunya Galamedia.

Oke, inilah kesimpulan dari hasil pertemuan kami dengan pihak Galamedia :

Jurnalistik
Jurnalistik itu kita membuat laporan dari suatu kejadian, peristiwa atau hal menarik lainnya. Selanjutnya laporan itu disusun dan direvisi. Kalau sudah direvisi kemudian bisa dipublikasikan lewat media cetak. Tapi karena sekarang jaman sudah berkembang, pem-publikasian mengenai suatu laporan kejadian juga bisa lewat Online.
Sebagai jurnalis, kita ga usah repot repot. Apa iya kita harus selalu ada di tempat rawan kecelakaan supaya nantinya ga ketinggalan informasi?, jadi kalau ada kecelakaan bisa langsung kita foto?. Ternyata bukan begitu. Kenyataan nya, para Jurnalis bisa mengetahui informasi kejadian, atau peristiwa itu dari kepolisian loh. Para Jurnalis akan langsung mendatangi sektor kepolisian setiap waktu tertentu untuk mengetahui apakah ada kejadian di hari itu, Kenapa ke Kepolisian? Karena setiap kejadian, biasanya masyarakat sudah pasti melaporkannya ke Kepolisian. Jadi di Kepolisian so pasti banyak berkas berkas lengkap mengenai banyak kejadian. Dan ga cuma kepolisian aja, Jurnalis juga menjadikan sektor sektor rumah sakit untuk Biang Informasinya loh.
Oh ya, buat siapapun yang mau menjadi Jurnalis, ga usah takut deh sama namanya 
"Takut Salah Nulis"
Rata-rata, orang orang yang ingin bercita-cita menjadi Jurnalis takut dengan tulisan yang dia buat. Takut tata bahasa nya kurang santun, takut ada yang kurang. Wah pokoknya, merasa serba kurang. Supaya kamu pede ngeraih Cita cita jadi Jurnalis nih,
 Coba simak kata kata ini :
"Ga usah takut jadi Jurnalis. Kalau salah tulisan atau susunan kalimat yang benar, ga usah khawatir
yang penting, kamu, yang cita-citanya jadi Jurnalis, usahain terus banyak nulis dan banyak membaca. Nah terus, kalau ada kejadian apa, coba kamu iseng buat laporannya sendiri, lama lama kan dari situ kamu bisa sendiri. Yang autodidak itu bisa lebih jago loh daripada yang diajarin, asalkan kamu nya tekun. Nah kalau gitu kan, lama lama niat kamu jadi Jurnalis itu terasah.
 Pokoknya Rajin membaca, dan menulis"


Nah, itu tentang Jurnalistiknya, nah kalau ini tentang Galamedia'nya.

Galamedia
Galamedia ini adalah kesatuan dari Pikiran Rakyat. Bersama dengan Galura.
Di Galamedia ini mereka punya prinsip cepat-tajam-etis-akurat.
Dan yang membedakan dengan situs informasi yang lainnya, Galamedia benar benar mencari informasi se-akurat mungkin dan mempublikasikannya dengan cepat, Maka tak sedikit pembaca media cetaknya dan pengunjung di media online nya.
Di media cetaknya, disediakan rubrik khusus mengenai tulisan para remaja.
Di Galamedia,hanya khusus memuat berita mengenai Kota Bandung dan Sekitarnya. Walapun begitu, peminat di media online nya cukup banyak, pembacanya bermayoritas Jakarta, kemudian Bandung, lalu disusul oleh Luar Negeri. Dan kalau di media cetak juga tentu nya diburu oleh masyarakat Bandung terbitan korannya. Rencananya pihak Galamedia akan mengembangkan Informasi tidak hanya di Kota Bandung, tapi juga di Kota kota besar lainnya.

Official Websitenya :
http://www.galamedianews.com/




Sekian Informasi dari saya, semoga bermanfaat.
Dan mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan.
Terimakasih atas perhatiannya, Wassalamualaikum.





(Hasya Azizah A, Devi Paramitha & Kasifa Iftila)

3 komentar:

  1. Informasinya bermanfaat, saya juga mau nih berkunjung ke galamedia

    BalasHapus
  2. Iya ka,alhamdullilah, terimakasih untuk komentarnya :D. Iya ka, silahkan berkunjung, untuk bisa mendapat banyak informasi ka, karena Galamedia adalah salah satu media informasi terbaik di Kota Bandung :D

    BalasHapus
  3. Kampus Politeknik Negeri Jakarta juga memilih kunjungan Industri mereka ke Galamedia
    http://m.galamedianews.com/bandung-raya/120476/100-mahasiswa-politeknik-negeri-jakarta-kunjungi-galamedia.html

    BalasHapus

Sekilas dampak COVID-19

Polemik yang tak kunjung usai. Awal tahun 2020 menjadi perbincangan, ajang mengadu juga bertukar pikiran antar warga negara pada sosial m...